Dari awal perkuliahan mata kuliah
Psikologi Pendidikan, saya merasakan beberapa hal menarik setiap minggunya.
Dengan dosen pengajar yang tidak tetap, membuat proses pembelajaran semakin
variatif. Materi perkuliahan disajikan dengan metode ceramah dari dosen
pengajar. Pembelajaran dengan metode ceramah bukan berarti dosen tidak
melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Justru dari
sebagian besar cara belajar selama perkuliahan, dosen sangat sering memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat akitf dalam perkuliahan, dengan
memberikan pertanyaan, memberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab
pertanyaan dari mahasiswa-mahasiswa yang lain. Beberapa tugas juga tidak lupa
diberikan oleh dosen untuk meningkatkan pemahaman akan materi yang dipelajari.
Termasuk tugas observasi ke sekolah yang meningkatkan pemahaman dan pengalaman
saya dalam bidang psikologi. Beberapa dosen juga memberikan reward bagi mahasiswa yang aktif,
tentunya guna meningkatkan motivasi dan semangat dalam kegiatan belajar
mengajar. Dan juga, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi mahasiswa untuk membaca
materi sebelum perkuliahan dimulai, harapannya adalah agar mahasiswa dapat
mengikuti proses perkuliahan dengan baik dan materi dapat tersampaikan dengan
lebih efektif. Menurut saya pada intinya adalah, dalam pembelajaran mata kuliah
ini, selain karena berisi materi-materi yang sangat menarik, menggunakan metode
pembelajaran yang tidak monoton dan dengan suasana kelas yang akitf, hal ini meningkatkan
efektivitas pemahaman materi dalam mata kuliah psikologi pendidikan ini.
0 komentar:
Posting Komentar