Sabtu, 08 April 2017

Psikologi Pendidikan : Testimoni Perkuliahan


Dari awal perkuliahan mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya merasakan beberapa hal menarik setiap minggunya. Dengan dosen pengajar yang tidak tetap, membuat proses pembelajaran semakin variatif. Materi perkuliahan disajikan dengan metode ceramah dari dosen pengajar. Pembelajaran dengan metode ceramah bukan berarti dosen tidak melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Justru dari sebagian besar cara belajar selama perkuliahan, dosen sangat sering memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat akitf dalam perkuliahan, dengan memberikan pertanyaan, memberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari mahasiswa-mahasiswa yang lain. Beberapa tugas juga tidak lupa diberikan oleh dosen untuk meningkatkan pemahaman akan materi yang dipelajari. Termasuk tugas observasi ke sekolah yang meningkatkan pemahaman dan pengalaman saya dalam bidang psikologi. Beberapa dosen juga memberikan reward bagi mahasiswa yang aktif, tentunya guna meningkatkan motivasi dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar. Dan juga, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi mahasiswa untuk membaca materi sebelum perkuliahan dimulai, harapannya adalah agar mahasiswa dapat mengikuti proses perkuliahan dengan baik dan materi dapat tersampaikan dengan lebih efektif. Menurut saya pada intinya adalah, dalam pembelajaran mata kuliah ini, selain karena berisi materi-materi yang sangat menarik, menggunakan metode pembelajaran yang tidak monoton dan dengan suasana kelas yang akitf, hal ini meningkatkan efektivitas pemahaman materi dalam mata kuliah psikologi pendidikan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

recent posts