Senin, 03 Juli 2017

Psikologi Pendidikan (resume #6) : Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling terkait dengan program pemberian layanan bantuan kepada siswa dalam upaya mencapai perkembangan yang optimal, melalui interaksi yang sehat dengan lingkungan.

 Tujuan Bimbingan :
·                     Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan masa yang akan datang
·                     Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki seoptimal mungkin
·                     Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan
·                     Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja.

Pengertian bimbingan dan konseling :
·                     Bimbingan merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam mencapai perkembangan optimal yaitu perkembangan yang sesuai dengan potensi dan sistem nilai tentang kehidupan yang baik dan benar. 
·                     Konseling merupakan layanan utama bimbingan dalam upaya membantu individu agar mampu mengembangkan diri dan mengatasi masalah melalui hubungan tatap muka atau melalui media, baik secara perorangan maupun kelompok.

Fungsi Bimbingan :
·                     Pemahaman, membantu siswa memahami potensi yang dimilikinya.
·                     Preventif, mengantisipasi masalah dan berusaha mencegahnya.
·                     Pengembangan, berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
·                     Perbaikan (penyembuhan), membantu siswa yang telah memiliki masalah.
·                     Penyaluran, membantu siswa memilih kegiatan pemantapan penguasaan karir.
·                     Adaptasi, memilih metode pendidikan sesuai dengan kemampuan individu.
·                     Penyesuaian, membantu siswa menyesuaikan diri dengan program pendidikan.

Macam-macam Bimbingan berdasarkan masalah:
1. BIMBINGAN AKADEMIK
Diarahkan  untuk membantu individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah akademik :
·                        Pengenalan kurikulum.
·                        Pemilihan jurusan.
·                        Cara belajar.
·                        Penyelesaian tugas dan latihan.
·                        Pencarian dan penggunaan sumber belajar.
2. BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI
Membantu siswa memecahkan masalah sosial pribadi :
·                        Hubungan sesama teman.
·                        Hubungan dengan guru dan staf .
·                        Pemahaman sifat.
·                        Penyesuaian dengan lingkungan pendidikan danmasyarakat.
·                        Penyelesaian konflik.

3. BIMBINGAN KARIR
Membantu individu dlm perencanaan, pengembangan dan pemecahan masalah karir :
·                        Pemahaman terhadap jabatan, tugas kerja.
·                        Pemahaman kondisi dan kemampuan diri.
·                        Pemahaman kondisi lingkungan.
·                        Perencanaan dan pengembangan karir.
·                        Penyesuaian pekerjaan.
·                        Pemecahan masalah karir yang dihadapi.

 PRINSIP-PRINSIP DARI BIMBINGAN:
·                     Bimbingan diperuntukkan bagi semua individu baik bermasalah maupun tidak, 
·                     Bimbingan bersifat individualisasi yang memandang setiap individu itu unik, 
·                     Bimbingan menekankan hal yang positif yang membangun pandangan yang positif terhadap diri sendiri, 
·                     Bimbingan merupakan usaha bersama dimana konselor, guru-guru dan kepala sekolah saling bekerjasama,
·                     Pengambilan keputusan merupakan hal yang esensial dalam bimbingan, 
·                     Bimbingan berlangsung dalam berbagai setting (adegan) kehidupan dimana bimbingan tidak hanya dapat berlangsung di sekolah. 

JENIS LAYANAN BIMBINGAN:
1.                 Pelayanan pengumpulan data tentang siswa dan lingkungannya sbg usaha utk mengetahui diri individu seluas-luasnya & latar belakang lingkungannya.
2.                 Penyajian informasi yang menyajikan informasi mengenai berbagai aspek kehidupan yang diperlukan individu.  Orientasi/Orientation (Cara belajar, ergaulan., Artikulasi (Articulation – khusus untuk calon siswa), dll.  
3.                 Konseling merupakan layanan terpenting dalam program bimbingan yang memfasilitasi individu memperoleh bantuan pribadi secara langsung.
4.                 Penempatan (Placement) dan  Tindak lanjut (Follow-up – khusus untuk alumni): pilihan kegiatan ekstrakurikuler, pilihan program studi, pilihan sekolah lanjutan, tindak lanjut., dll.
5.                 Penilaian dan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tujuan apa saja yang telah dicapai dari program yang  dilaksanakan.
6.                 Konsultasi(Consultation):

·                              Dengan petugas administrasi sekolah
·                              Dengan staf pengajar.
·                              Dengan orangtua siswa – secara
·                              individual atau dalam bentuk pertemuan dengan para orangtua. 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

recent posts